Skip to main content

Ditemukan Super-Earth Mirip Bumi, Tempat Hidup di Masa Depan

TRIBUNNEWS.COM - Ditemukan sedikitnya 50 planet termasuk sebuah di antaranya yang diberi nama super-Earth (Bumi Besar) yang kemungkinan bisa menjadi tempat hidup manusia di masa mendatang. Kesuksesan ini merupakan dukungan dari teleskop European Southern Observatory (ESO). Demikian dilansir Space.com, Selasa (13/9/2011).
Penemuan planet asing termasui 15 planet super-Earth yang merupakan dunia berbatu dan lebih besar dari planet bumi. Satu di antaranya yang khusus adalah yang bernama HD 85512 b dan menjadi daya tarik bagi para pengamat perbintangan terutama karena kondisi planet yang memungkinan dapat menjadi daya dukung untuk kehidupan.
Penemuan planet yang disebut exoplanet ini berasal dari hasil observasi instrumen High Accuracy Radial velocity Planet Searcher atau HARPS. Instrumen ini merupakan bagian dari ESO dengan ukuran teleslop 3,6 meter di La Silla Observator, Chile.
"Penemuan dari HARPS ini mengalahkan semua ekspektasi termasuk pengecualian dari planet kaya super-Earth dan planet tipe Neptune yang dipandu oleh planet yang mirip dengan matahari kita," kata kepala tim HARPS Michel Mayor dari University of Geneva di Swiss. Ia menambahkan jika hasil penemuan ini sungguh lebih baik dan sangat berakselerasi.
Potensial dari planet super-Earth yang disebut dengan nama HD 85512 b diperkirakan beratnya hanya 3,6 kali dibanding bumi dan asal bintang itu hanya berjarak 35 tahun cahaya.

Comments

Popular posts from this blog

Keuntungan, Kekurangan dan Cara kerja Video Call

Panggilan Video memungkinkan Anda melihat dan mendengar orang yang Anda ajak bicara di ponsel Anda dan memungkinkan mereka melihat dan mendengar Anda. Anda dapat melakukan panggilan video ke dan menerima panggilan dari pengguna Video Calling lainnya.
MANFAAAT ATAU KEUNTUNGAN 1. Bisnis        Fasilitas yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi yang menunjang video call membuat proses jual-beli, negosiasi, tawar-menawar, maupun persentasi dalam bisnis menjadi mudah. Ketika client suatu perusahaan berada jauh di negara tetangga dan tidak ada cukup waktu untuk terbang ke sana, seorang manajer cukup hanya dengan menyiapkan materi persentasi dan kemudian melakukan video call dengan client tersebut. Selain menghemat biaya, video call juga efektif dan efisien dalam waktu.
2. Kesehatan    Memang belum banyak diterapkan, namun ini dapat menjadi satu terobosan baru untuk dunia kesehatan untuk menjangkau tempat-tempat yang terpencil. Dengan video call, sang pasien dapat dengan mudah mend…