Skip to main content

waktu jepang

Waktu (Jam&Menit)
Pada bagian ini kamu akan belajar bagaimana menanyakan dan menyatakan waktu (jam) dalam bahasa Jepang. Sebelum memulai silakan anda lihat list hitungan jam & menit berikut ini terlebih dahulu.
Menyatakan & Menanyakan Jam
Jam berapa?: Nan-ji desu ka.
  なんじですか。
Sekarang, jam berapa?Ima, nan-ji desu ka.
  いま、なんじですか。
Di Jepang sekarang
jam berapa?
Nihon wa ima nan-ji desu ka.
  にほんはいまなんじですか。
Jam ~: ~ ji desu.
  ~じです。
Jam 8.Hachi-ji desu.
  はちじです。
Sekarang jam 8.: Ima, hachi-ji desu.
  いま、はちじです。
Am: Gozen
  ごぜん。
Pm: Gogo
  ごご。
Sekarang jam 8 pagi.: Ima, gozen hachi-ji desu.
  いま、ごぜんはちじです。
Sekarang jam 8 malam.: Ima, gogo hachi-ji desu.
  いま、ごごはちじです。
Catatan:
• Untuk menyatakan jam kita menggunakan "~ ji desu" (Jam ~). Sedangkan untuk menanyakan jam digunakan "nan-ji desu ka" (jam berapa?).
Perlu diketahui, Di Jepang pembagian waktu menurut jam dalam sehari mengacu seperti yang berlaku umum dan dikenal di dunia. Yakni berdasarkan pembagian “a.m.” (ante meridiem) dan  “p.m.” (post meridiem).  Untuk jelasnya lihat keterangan di bawah ini.
Gozen
 
mengacu pada a.m. (ante meridiem, yakni untuk menunjukkan waktu dari lewat jam 12 malam hingga 12 siang.
Gogomengacu pada p.m. (post meridiem), untuk menunjukkan keterangan waktu lewat jam 12 siang hingga jam 12 malam.

Menyatakan & Menanyakan Menit
Menit ~: ~ fun/pun.
  ~ふん/ぷん
10 menit.: Juppun desu.
  じゅっぷんです。
Jam 8 lewat 10 menit.: Hachi-ji juppun desu.
  はちじじゅっぷんです。
Sekarang jam 8 lewat
10 menit.
: Ima, hachi-ji juppun desu.
  いま、はちじじゅっぷんです。
Sekarang, jam 10 lewat
15 menit.
: Ima, juu-ji juu-go-fun desu.
  いま、じゅうじじゅうごふんです。
Cepat sekali (waktu): Hayai desu ne.
  はやいですね。
Lama sekali (waktu): Osoi desu ne.
  おそいですね。
Catatan:
• Untuk menanyakan menit, digunakan kalimat “Nan-pun desu ka”, yang artinya "berapa menit?". Sedangkan untuk menyatakan menit, caranya dengan menambahkan “~pun/fun” di belakang angka menit yang disebutkan. 

• Jikan ga hayai desu ne, merupakan ungkapan yang digunakan ketika waktu berjalan sangat cepat, sedangkan jikan ga osoi, digunakan apabila waktu  berjalan terlalu lama.

Comments

Popular posts from this blog

Keuntungan, Kekurangan dan Cara kerja Video Call

Panggilan Video memungkinkan Anda melihat dan mendengar orang yang Anda ajak bicara di ponsel Anda dan memungkinkan mereka melihat dan mendengar Anda. Anda dapat melakukan panggilan video ke dan menerima panggilan dari pengguna Video Calling lainnya.
MANFAAAT ATAU KEUNTUNGAN 1. Bisnis        Fasilitas yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi yang menunjang video call membuat proses jual-beli, negosiasi, tawar-menawar, maupun persentasi dalam bisnis menjadi mudah. Ketika client suatu perusahaan berada jauh di negara tetangga dan tidak ada cukup waktu untuk terbang ke sana, seorang manajer cukup hanya dengan menyiapkan materi persentasi dan kemudian melakukan video call dengan client tersebut. Selain menghemat biaya, video call juga efektif dan efisien dalam waktu.
2. Kesehatan    Memang belum banyak diterapkan, namun ini dapat menjadi satu terobosan baru untuk dunia kesehatan untuk menjangkau tempat-tempat yang terpencil. Dengan video call, sang pasien dapat dengan mudah mend…