Skip to main content

Cara Mengatasi Error : The ‘Microsoft.ACE.OLEDB.12.0’ ‘Microsoft.JET.OLEDB.4.0’ provider is not registered on the local machine di visual studio 2015 tidak bisa terhubung dengan ms Access

Cara Mengatasi Error : The ‘Microsoft.ACE.OLEDB.12.0’ ‘Microsoft.JET.OLEDB.4.0’ provider is not registered on the local machine di visual studio 2015 tidak bisa terhubung dengan ms Access.




Error ini menjelaskan bahwa driver ODBC office/access tidak teregistrasi di : C:\Windows\System32\. Kenapa? karena kita install ms.office (baik versi 2003,2007,2010 dan 2013) yang berbasis 32bit di Windows 64bit, driver ODBC ms.office/access yang 32bit tersebut akan terinstall secara default ke C:\Windows\SysWOW46\ (singkatan dari System Windows32 On Windows64), bukan ke C:\Windows\system32\. Aplikasi yang kita buat secara defaultnya selalu membaca driver ODBC ke C:\Windows\System32\ baik itu di windows 32bit maupun 64bit, sehingga aplikasi kita akan error karena saat baca driver ODBC ke C:\Windows\system32\ di Windows64bit. 

Lalu bagaimana cara agar aplikasi kita membaca driver ODBC ke C:\Windows\SysWOW46\ ? yaitu dengan cara meng-update driver ODBC 32bit ke driver ODBC 64bit yaitu dengan meng-instal Microsoft Access 2010 Database Engine 64bit (Download)… 

Jika tidak bisa maka gunakan cara ini untuk mengatasinya yaitu mengganti ‘Microsoft.ACE.OLEDB.12.0’ menjadi ‘Microsoft.JET.OLEDB.4.0’.

1. Ganti ekstensi database access anda menjadi (*.mdb) : File > Save as

2. Menambah server explorer dalam visual studio : View > Server Explorer

3. Menambah Connection :klik kanan Data Connections > Add Connections

4.Pilih database yang sudah anda rubah file extensionnya tadi. : Add Connections > Browse

5.ubah ‘Microsoft.ACE.OLEDB.12.0’menjadi ‘Microsoft.JET.OLEDB.4.0’ : Add Connections > Advance

6. Ubah Sub koneksi pada module :

7. Kemudian Build Solution pada project Solution

8. Start ulang program anda dan berhasil





Comments

Popular posts from this blog

Keuntungan, Kekurangan dan Cara kerja Video Call

Panggilan Video memungkinkan Anda melihat dan mendengar orang yang Anda ajak bicara di ponsel Anda dan memungkinkan mereka melihat dan mendengar Anda. Anda dapat melakukan panggilan video ke dan menerima panggilan dari pengguna Video Calling lainnya.
MANFAAAT ATAU KEUNTUNGAN 1. Bisnis        Fasilitas yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi yang menunjang video call membuat proses jual-beli, negosiasi, tawar-menawar, maupun persentasi dalam bisnis menjadi mudah. Ketika client suatu perusahaan berada jauh di negara tetangga dan tidak ada cukup waktu untuk terbang ke sana, seorang manajer cukup hanya dengan menyiapkan materi persentasi dan kemudian melakukan video call dengan client tersebut. Selain menghemat biaya, video call juga efektif dan efisien dalam waktu.
2. Kesehatan    Memang belum banyak diterapkan, namun ini dapat menjadi satu terobosan baru untuk dunia kesehatan untuk menjangkau tempat-tempat yang terpencil. Dengan video call, sang pasien dapat dengan mudah mend…