Skip to main content

Jangkauan Area Jaringan



Jenis Area Network

a. Local Area Network 

     LAN menggambarkan suatu jaringan yang menjangkau area yang terbatas, misalnya satu kantor satu gedung, dimana komputer yang mempunyai jaringan secara fisik berdekatan satu dengan lainnya. Jaraknya kurang lebih sampai dengan 10 Km. 

Keuntungan Jaringan LAN adalah : 
  1. Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing). 
  2. Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (Printer Sharing). 
  3. File-file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan, yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin. 
  4. File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol. 
  5. Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat. 
  6. Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali. 
  7. Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan E-Mail & Chat.
b. Metropolitan Area Network 

     MAN merupakan jaringan dengan area lebih luas dari LAN, yang bisa terdiri dari dua atau lebih LAN yang dihubungkan bersama-sama dalam batas-batas kira-kira suatu kawasan metropolitan atau satu kota. Jarak maksimum yang dijangkau MAN kira-kira 80 kilometer. 

c. Wide Area Network 

    WAN adalah jaringan yang jangkaun area geografik paling luas, bisa antar pulau, Negara, benua, bahkan bisa ke luar angkasa. Contoh terbaik dan sangat terkenal adalah Internet. Tetapi, WAN dapat juga menjadi network pribadi. Sebagai contoh, suatu perusahaan dengan kantor-kantor di berbagai negara dapat memiliki WAN yang menghubungkan berbagai lokasi melalui hubungan telepon, satelit dan teknologi-teknologi lainnya. Biasanya WAN terdiri dari banyak LAN yang diinterkoneksikan. 

Keuntungan Jaringan WAN adalah: 
  1. Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang. 
  2. Komunikasi antar kantor dapat menggunakan E-Mail & Chat. 
  3. Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos, dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat. 
  4. Pooling Data dan Updating Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan. 

Comments

Popular posts from this blog

Keuntungan, Kekurangan dan Cara kerja Video Call

Panggilan Video memungkinkan Anda melihat dan mendengar orang yang Anda ajak bicara di ponsel Anda dan memungkinkan mereka melihat dan mendengar Anda. Anda dapat melakukan panggilan video ke dan menerima panggilan dari pengguna Video Calling lainnya.
MANFAAAT ATAU KEUNTUNGAN 1. Bisnis        Fasilitas yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi yang menunjang video call membuat proses jual-beli, negosiasi, tawar-menawar, maupun persentasi dalam bisnis menjadi mudah. Ketika client suatu perusahaan berada jauh di negara tetangga dan tidak ada cukup waktu untuk terbang ke sana, seorang manajer cukup hanya dengan menyiapkan materi persentasi dan kemudian melakukan video call dengan client tersebut. Selain menghemat biaya, video call juga efektif dan efisien dalam waktu.
2. Kesehatan    Memang belum banyak diterapkan, namun ini dapat menjadi satu terobosan baru untuk dunia kesehatan untuk menjangkau tempat-tempat yang terpencil. Dengan video call, sang pasien dapat dengan mudah mend…