Skip to main content

Media Transmisi Jaringan



           Media transmisi adalah media atau perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan secara fisik untuk komunikasi data antara kemputer satu dengan komputer lainnya. Secara garis besar media transmisi pada jaringan komputer dibedakan menjadi tiga media, yaitu : Kabel, Wireless, Satelit (VSAT). 

a. Kabel 

Tipe-tipe kabel yang digunakan di dalam jaringan LAN adalah : 
  1. Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) 
  2. Kabel Shielded Twisted Pair (STP) 
  3. Kabel Koaksial 
  4. Kabel Fiber Optic 
  5. Wireless LAN 
  6. Petunjuk Instalasi Kabel 
Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) 

           Kabel twisted pair ada dua tipe yaitu shielded dan unshielded. Unshielded twisted pair (UTP) adalah yang paling populer dan umumnya merupakan pilihan yang terbaik untuk jaringan sederhana. Kualitas kabel UTP berbeda dengan telephone, Kabel ini mempunyai 4 pasang kabel di dalamnya, dan setiap pasangan adalah kembar. Kabel ini cocok untuk topologi star(bintang). 

Spesifikasi Teknis dari twisted pairs adalah : 
  1.  Jarak terjauh 100 meter. 
  2.  Dihubungkan dengan konektor RJ-45. 
  3. Memiliki beberapa kategori, yaitu : kategori 1, 2, 3, 4, dan 5. 
  4. Masalah yang dihadapi adalah : crosstalk.
Konektor kabel UTP memiliki standar konektor yang disebut konektor RJ-45 . Kabel yang mirip dengan UTP yaitu STP.


Kabel Koaksial 


        Kabel Koaksial adalah kabel yang memiliki satu konduktor copper ditengahnya. Jenis kabel ini biasanya digunakan untuk topologi Bus. Ada dua jenis tipe kabel koaksial yaitu kabel koaksial thick dan kabel koaksial thin. 

      Kabel koaksial thin (RG-58) disebut juga dengan 10Base2 (thinnet) . dimana angka 2 menunjuk pada panjang maksimum untuk segment kabel tersebut adalah 200 meter, namun kenyataannya hanya samapai 185 meter. Kabel koaksial thick (RG-8) disebut juga dengan10Base5 (thicket), dengan spesifikasi teknis : 

Spesifikasi Teknis dari kabel ini adalah : 
  1. Mampu menjangkau bentangan maksimum 500 meter. 
  2. Impedansi terminator 50 Ohm. 
  3. Membutuhkan Transceiver sebelum dihubungkan dengan komputer

Kabel Fiber Optik

       Kabel serat optik (fiber optic) mempunyai kemampuan mentransmisi sinyal melewati jarak yang lebih jauh dibanding kabel koaksial maupun kabel twisted, juga mempunyai kecepatan yang baik. Hal ini sangat baik digunakan ketika digunakan untuk fasilitas konferensi Radio atau layanan interaktif. 10BaseF adalah merujuk ke spesifikasi untuk kabel fiber optik dengan membawa sinyal Ethernet.


b. Wireless

        Jaringan yang menggunakan media transmisi wireless sering disebut WLAN. LAN yang menggunakan Media transmisi wireless bisa berupa frekwesi radio, infra merah ataupun sinar laser untuk berkomunikasi diantara workstation dan file server ataupun hub. Tiap-tiap segmen mempunyai sebuah transceiver/antena untuk mengirim atau menerima data.


c. Satelit

          Suatu alternatif yang dapat ditawarkan untuk potong kompas jaringan WAN ialah dengan jaringan VSAT (Very Small Aperture Terminal). VSAT adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit. 

Keuntungan VSAT adalah: 
  1. kecepatan bit akses tinggi 
  2. jaringan akses langsung ke ISP router dengan keandalannya mendekati 100% 
  3. VSAT bisa dipasang dimana saja selama masuk dalam jangkauan satelit dengan jaringan potong kompas satelit maka kongesti jaringan telekomunikasi PSTN yang ada tidak perlu terjadi. 
Kerugiannya adalah : 
 bahwa untuk melewatkan sinyal TCP/IP, besarnya throughput akan terbatasi karena delay propagasi satelit geostasioner.

Comments

Popular posts from this blog

Keuntungan, Kekurangan dan Cara kerja Video Call

Panggilan Video memungkinkan Anda melihat dan mendengar orang yang Anda ajak bicara di ponsel Anda dan memungkinkan mereka melihat dan mendengar Anda. Anda dapat melakukan panggilan video ke dan menerima panggilan dari pengguna Video Calling lainnya.
MANFAAAT ATAU KEUNTUNGAN 1. Bisnis        Fasilitas yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi yang menunjang video call membuat proses jual-beli, negosiasi, tawar-menawar, maupun persentasi dalam bisnis menjadi mudah. Ketika client suatu perusahaan berada jauh di negara tetangga dan tidak ada cukup waktu untuk terbang ke sana, seorang manajer cukup hanya dengan menyiapkan materi persentasi dan kemudian melakukan video call dengan client tersebut. Selain menghemat biaya, video call juga efektif dan efisien dalam waktu.
2. Kesehatan    Memang belum banyak diterapkan, namun ini dapat menjadi satu terobosan baru untuk dunia kesehatan untuk menjangkau tempat-tempat yang terpencil. Dengan video call, sang pasien dapat dengan mudah mend…