Skip to main content

Cara Membuat ERD (Entity Relationship Diagram) : Tahapan dan Studi Kasus


Entity Relationship Diagram (ERD) merupakan diagram yang digunakan untuk merancang suatu basis data, untuk memperlihatkan hubungan atau relasi antar entitas atau objek yang terlihat beserta atributnya. ERD dipelajari karena memang bertujuan untuk membantu para pengembang sistem dalam merancang relasi antar tabel dalam membuat database, jadi menurut saya sebenarnya ERD itu adalah bakal calon menjadi tabel, kalau rancangan erd kita benar maka rancangan database kita pula akan menjadi benar. Berbicara tentang database ada banyak sekali DBMS(Database Management System) baik yang open source maupun yang berbayar contohnya adalah MySQL, walaupun free tetapi memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan dbms yang berbayar dan mysql memiliki berbagai macam storage engine. Untuk DBMS yang berbayar salah satu contohnya SQLServer dari Microsoft. Terlepas dari database bahwa objek utama dari pembuatan diagram ERD menunjukan objek objek (himpunan entitas) apa saja yang ingin dilibatkan dalam sebuah basis data dan bagaimana hubungan yang terjadi antara objek-objek tersebut. Berikut tahapan cara membuat erd.

Entitas dapat merupakan : 
Sebuah elemen lingkungan dari perusahaan , seperti customer atau supplier 
Suatu sumber daya , seperti suatu piutang dagang, suatu produk, atau suatu penjual 
Suatu arus informasi , seperti suatu penjualan pemesanan atau suatu faktur 

Di dalam sebuah entitas terdapat beberapa atribut. Atribut merupakan gambaran karakteristik dari sebuah entitas atau himpunan entitas. 

Contoh : atribut untuk himpunan entitas mahasiswa adalah nim (PK), nama, program studi.

Penggunaan key merupakan cara untuk membedakan suatu entitas didalam himpunan entitas dengan entitas lain. Key dipilih karena unik, untuk setiap entitas sehingga bisa di bedakan dari entitas yang lain. Kita bisa mendefinisikan key sebagai satu atau gabungan dari beberapa atribut yang dapat membedakan semua row dalam relasi secara unik.

Ada 3 macam key : 
Super Key 
Superkey yaitu satu atau lebih atribut (kumpulan atribut) yang dapat membedakan satiap baris data dalam sebuah relasi secara unik.
Contoh super key yaitu = 
Nim, nama, alamat, kota 
Nim, nama, alamat 
Nim, nama 
Nim 

Candidat Key 
Kumpulan atribut minimal yang dapat membedakan setiap baris data dalam sebuah relasi secara unik
Contoh : Nim 

Primary Key 
Primary key merupakan salah satu dari candidate key yang terpilih. Alasan pemilihan primary key : 
Lebih sering di jadikan acuan 
Lebih ringkas 
Jaminan keunikan key lebih baik 
Contoh dari primary key adalah Nim.
Jika sebuah primary key terhubung ke table/entity lain, maka keberadaan primary key pada entity tersebut di sebut sebagai foreign key ( kunci tamu ).

Misal : Primary Key Kode Dosen dari entity Dosen digunakan juga pada field entity KRS, maka keberadaan field Kode Dosen pada entity KRS disebut sebagai foreign key.
Dalam ERD, hubungan (relasi) dapat terdiri dari sejumlah entitas yang disebut dengan derajad relasi. Derajad relasi maksimum disebut dengan kardinalitas sedangkan derajad minimum disebut dengan modalitas. Jadi kardinalitas relasi menunjukkan jumlah maksimum entitas yang dapat berelasi dengan entitas pada himpunan entitas lain.

Langkah-langkah pembuatan ERD 
Menentukan Entity yang terlibat. Lihat gambar menentukan entity
Menentukan atribut key masing- masing entititas (Menentukan Primary Key). 
Menentukan relasi dan foreign key, atau ERD sementara lihat gambar ERD sementara 
Melengkapi ERD yang sudah terbentuk dengan atribut Non Key

Comments

Popular posts from this blog

Keuntungan, Kekurangan dan Cara kerja Video Call

Panggilan Video memungkinkan Anda melihat dan mendengar orang yang Anda ajak bicara di ponsel Anda dan memungkinkan mereka melihat dan mendengar Anda. Anda dapat melakukan panggilan video ke dan menerima panggilan dari pengguna Video Calling lainnya.
MANFAAAT ATAU KEUNTUNGAN 1. Bisnis        Fasilitas yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi yang menunjang video call membuat proses jual-beli, negosiasi, tawar-menawar, maupun persentasi dalam bisnis menjadi mudah. Ketika client suatu perusahaan berada jauh di negara tetangga dan tidak ada cukup waktu untuk terbang ke sana, seorang manajer cukup hanya dengan menyiapkan materi persentasi dan kemudian melakukan video call dengan client tersebut. Selain menghemat biaya, video call juga efektif dan efisien dalam waktu.
2. Kesehatan    Memang belum banyak diterapkan, namun ini dapat menjadi satu terobosan baru untuk dunia kesehatan untuk menjangkau tempat-tempat yang terpencil. Dengan video call, sang pasien dapat dengan mudah mend…