Skip to main content

MAC Address Pada Jaringan Ethernet

   Setiap node pada jaringan Ethernet diharapkan memiliki alamat Media Access Control (MAC) yang digunakan Ethernet untuk mengirimkan frame ke tujuan yang diinginkan. Alamat MAC biasanya disematkan ke Network Interface Cards (NIC) yang digunakan oleh sistem untuk dihubungkan ke jaringan. 
MAC Address (Media Access Control Address) adalah., sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.
Alamat MAC yang khas terlihat seperti 00-D1-57-81-C7-E1 dan dirancang untuk mengidentifikasi node secara unik pada jaringan. Namun, penyerang mungkin bisa menempa alamat MAC sistemnya untuk mencegat frame Ethernet yang ditujukan untuk orang lain di LAN. Program seperti arpwatch memungkinkan Anda untuk melacak alamat MAC yang digunakan pada jaringan Anda dan dapat memperingatkan Anda saat pemetaan MAC ke IP tiba-tiba berubah.

Jangan bingung alamat MAC dan IP. Alamat MAC adalah alamat perangkat keras fisik yang dibakar produsen ke antarmuka jaringan. Ethernet menggunakannya di lapisan Data Link (2)
untuk mengirimkan frame pada LAN Alamat IP, di sisi lain, adalah alamat logis yang digunakan oleh protokol tingkat tinggi untuk mengidentifikasi sistem pada LAN dan di Internet. Kami jarang menggunakan alamat MAC saat merujuk ke sistem jarak jauh karena informasi ini tidak diarahkan, namun dapat dijembatani dan diaktifkan di dalam jaringan lokal. Namun, peralatan jaringan lokal pada akhirnya harus memetakan alamat IP ke alamat MAC tujuan untuk Ethernet untuk mengirimkan datagram IP ke sistem yang tepat.
Untuk melihat daftar alamat MAC yang saat ini Anda peta ke alamat IP, gunakan perintah arp -a, yang bekerja sama pada sistem Unix dan Windows:

C: \> arp -a
Interface: 192.168.1.200 pada Interface 2
Alamat Internet Alamat Fisik Type

192.168.10.1 00-03-31-ce-41-00 dinamis

192.168.10.102 00-01-02-63-eb-83 dinamis

Sistem biasanya memperbarui tabel ini secara dinamis melalui penggunaan protokol ARP.

Comments

Popular posts from this blog

Keuntungan, Kekurangan dan Cara kerja Video Call

Panggilan Video memungkinkan Anda melihat dan mendengar orang yang Anda ajak bicara di ponsel Anda dan memungkinkan mereka melihat dan mendengar Anda. Anda dapat melakukan panggilan video ke dan menerima panggilan dari pengguna Video Calling lainnya.
MANFAAAT ATAU KEUNTUNGAN 1. Bisnis        Fasilitas yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi yang menunjang video call membuat proses jual-beli, negosiasi, tawar-menawar, maupun persentasi dalam bisnis menjadi mudah. Ketika client suatu perusahaan berada jauh di negara tetangga dan tidak ada cukup waktu untuk terbang ke sana, seorang manajer cukup hanya dengan menyiapkan materi persentasi dan kemudian melakukan video call dengan client tersebut. Selain menghemat biaya, video call juga efektif dan efisien dalam waktu.
2. Kesehatan    Memang belum banyak diterapkan, namun ini dapat menjadi satu terobosan baru untuk dunia kesehatan untuk menjangkau tempat-tempat yang terpencil. Dengan video call, sang pasien dapat dengan mudah mend…