Skip to main content

Metadata

      Metadata adalah informasi yang membuat Anda lebih mudah untuk mendapatkan, menggunakan, atau mengelola resource (sumber daya) atau objek.

    Metadata berarti "data tentang data". Metadata didefinisikan sebagai data yang menyediakan informasi tentang satu atau lebih aspek data; Ini digunakan untuk meringkas informasi dasar tentang data yang dapat membuat pelacakan dan bekerja dengan data yang spesifik lebih mudah. 
 Beberapa contoh meliputi:
  1. Sarana pembuatan data
  2. Tujuan dari data
  3. Waktu dan tanggal pembuatan
  4. Pencipta atau pengarang data
  5. Lokasi di jaringan komputer tempat data dibuat
  6. Standar yang digunakan
  7. Ukuran file
Misalnya, gambar digital mungkin termasuk metadata yang menggambarkan seberapa besar gambar itu, kedalaman warna, resolusi gambar, saat gambar dibuat, kecepatan rana, dan data lainnya.  Metadata dokumen teks mungkin berisi informasi tentang berapa lama dokumen itu, siapa penulisnya, saat dokumen itu ditulis, dan ringkasan singkat dokumen tersebut. Metadata dalam halaman web juga dapat berisi deskripsi konten halaman, serta kata kunci yang terkait dengan konten. Link ini sering disebut "Metatag", yang digunakan sebagai faktor utama dalam menentukan urutan pencarian web sampai akhir 1990an. Ketergantungan metatag dalam penelusuran web menurun pada akhir tahun 1990an karena "isian kata kunci". Metatag sebagian besar disalahgunakan untuk mengelabui mesin pencari sehingga beberapa situs web memiliki relevansi lebih dalam pencarian daripada yang sebenarnya mereka lakukan. 

       Metadata dapat disimpan dan dikelola dalam basis data , sering disebut registri metadata atau metadata repositori . Namun, tanpa konteks dan titik acuan, mungkin tidak mungkin untuk mengidentifikasi metadata hanya dengan melihatnya. Sebagai contoh: dengan sendirinya, database yang berisi beberapa nomor, semua 13 digit panjang bisa menjadi hasil perhitungan atau daftar angka untuk dihubungkan ke persamaan - tanpa konteks lain, angka itu sendiri dapat dianggap sebagai data. . Tetapi jika diberi konteks bahwa database ini adalah log dari koleksi buku, angka 13 digit tersebut sekarang dapat diidentifikasi sebagai ISBN - informasi yang mengacu pada buku, tapi bukan merupakan informasi dalam buku ini. Istilah "metadata" diciptakan pada tahun 1968 oleh Philip Bagley, dalam bukunya "Extension of Programming Language Concepts" di mana jelas bahwa dia menggunakan istilah tersebut dalam pengertian "tradisional" ISO 11179, yaitu "metadata struktural" yaitu "data tentang wadah data "; daripada arti alternatif "konten tentang contoh data konten individual" atau metacontent, jenis data yang biasanya ditemukan di katalog perpustakaan. Sejak itu bidang manajemen informasi, ilmu informasi, teknologi informasi, kepustakawanan, dan GIS telah banyak mengadopsi istilah ini. Di bidang ini kata metadata didefinisikan sebagai "data tentang data". Meskipun ini adalah definisi yang berlaku umum, berbagai disiplin ilmu telah mengadopsi penjelasan dan penggunaannya yang lebih spesifik.
   Metadata berisi berbagai informasi dan dapat dipecah menjadi tiga jenis utama: metadata deskriptif, metadata struktural, dan metadata administratif.

Jenis Metadata;
  1. Metadata Deskriptif
  2. Metadata Struktural
  3. Metadata Administratif

Comments

Popular posts from this blog

Keuntungan, Kekurangan dan Cara kerja Video Call

Panggilan Video memungkinkan Anda melihat dan mendengar orang yang Anda ajak bicara di ponsel Anda dan memungkinkan mereka melihat dan mendengar Anda. Anda dapat melakukan panggilan video ke dan menerima panggilan dari pengguna Video Calling lainnya.
MANFAAAT ATAU KEUNTUNGAN 1. Bisnis        Fasilitas yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi yang menunjang video call membuat proses jual-beli, negosiasi, tawar-menawar, maupun persentasi dalam bisnis menjadi mudah. Ketika client suatu perusahaan berada jauh di negara tetangga dan tidak ada cukup waktu untuk terbang ke sana, seorang manajer cukup hanya dengan menyiapkan materi persentasi dan kemudian melakukan video call dengan client tersebut. Selain menghemat biaya, video call juga efektif dan efisien dalam waktu.
2. Kesehatan    Memang belum banyak diterapkan, namun ini dapat menjadi satu terobosan baru untuk dunia kesehatan untuk menjangkau tempat-tempat yang terpencil. Dengan video call, sang pasien dapat dengan mudah mend…