Skip to main content

Pemodelan Sistem Temu Kembali (Boolean)

  Model Boolean dalam sistem temu kembali merupakan model yang paling sederhana. Model ini berdasarkan teori himpunan dan aljabar Boolean. Dokumen adalah himpunan dari istilah (term) dan kueri adalah pernyataan Boolean yang ditulis pada term. Dokumen diprediksi apakah relevan atau tidak. Model ini menggunakan operator boolean. Istilah (term) dalam sebuah kueri dihubungkan dengan menggunakan operator AND, OR atau NOT. Metode ini merupakan metode yang paling sering digunakan pada`mesin penelusur (search engine) karena kecepatannya.

Keuntungan menggunakan model Boolean :
  1. Model Boolean merupakan model sederhana yang menggunakan teori dasar himpunan sehingga mudah diimplementasikan.
  2. Model Boolean dapat diperluas dengan menggunakan proximity operator dan wildcard operator.
  3. Adanya pertimbangan biaya untuk mengubah software dan struktur database, terutama pada sistem komersil.
Kerugian menggunakan Model boolean :
  1. Model Boolean tidak menggunakan peringkat dokumen yang terambil. Dokumen yang terambil hanya dokumen yang benar-benar sesuai dengan pernyataan boolean/kueri yang diberikan Sehingga dokumen yang terambil bisa sangat banyak atau bisa sedikit. Akibatnya ada kesulitan dalam mengambil keputusan.
  2. Teori himpunan memang mudah, namun tidak demikian halnya dengan pernyataan Boolean yang bisa kompleks. Akibatnya pengguna harus memiliki pengetahuan banyak mengenai kueri dengan boolean agar pencarian menjadi efisien.
  3. Tidak bisa menyelesaikan partial matching pada kueri

Untuk mengatasi masalah ini, maka dikembangkan operasi pembobotan dokumen berdasarkan frekuensi kemunculan istilah (term) pada dokumen tersebut. Model Boolean juga dikombinasikan dengan content based navigation dengan menggunakan konsep lattice, dimana shared term dari dokumen yang terambil sebelumnya digunakan untuk memperbaiki dan mengexpand kueri.

Dalam pengerjaan operator boolean (AND, NOT, OR) ada urutan pengerjaannya (Operator precedence). Urutannya adalah:
–() à Prioritas yang berada dalam tanda kurung
–NOT
–AND
–OR

Comments

Popular posts from this blog

Keuntungan, Kekurangan dan Cara kerja Video Call

Panggilan Video memungkinkan Anda melihat dan mendengar orang yang Anda ajak bicara di ponsel Anda dan memungkinkan mereka melihat dan mendengar Anda. Anda dapat melakukan panggilan video ke dan menerima panggilan dari pengguna Video Calling lainnya.
MANFAAAT ATAU KEUNTUNGAN 1. Bisnis        Fasilitas yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi yang menunjang video call membuat proses jual-beli, negosiasi, tawar-menawar, maupun persentasi dalam bisnis menjadi mudah. Ketika client suatu perusahaan berada jauh di negara tetangga dan tidak ada cukup waktu untuk terbang ke sana, seorang manajer cukup hanya dengan menyiapkan materi persentasi dan kemudian melakukan video call dengan client tersebut. Selain menghemat biaya, video call juga efektif dan efisien dalam waktu.
2. Kesehatan    Memang belum banyak diterapkan, namun ini dapat menjadi satu terobosan baru untuk dunia kesehatan untuk menjangkau tempat-tempat yang terpencil. Dengan video call, sang pasien dapat dengan mudah mend…