Standar Jaringan

Pentingnya Standar Jaringan



Standar jaringan penting untuk memastikan perangkat keras dan perangkat lunak dapat bekerja sama. Tanpa standar Anda tidak dapat dengan mudah mengembangkan jaringan untuk berbagi informasi. Standar jaringan dapat dikategorikan dalam salah satu dari dua cara: formal dan de facto (informal).

Standar formal dikembangkan oleh organisasi industri atau pemerintah. Standar formal ada untuk perangkat lunak lapisan jaringan, lapisan data link, perangkat keras dan sebagainya. Standardisasi formal adalah proses panjang untuk mengembangkan spesifikasi, mengidentifikasi pilihan dan penerimaan industri.

Ada beberapa organisasi terkemuka untuk standardisasi termasuk The International Organization for Standardization (ISO) dan The American National Standards Institute (ANSI). Organisasi standar yang paling dikenal di dunia adalah Internet Engineering Task Force (IETF). IETF menetapkan standar yang mengatur berapa banyak Internet beroperasi.

Kategori kedua standar jaringan adalah standar de facto. Standar ini biasanya muncul di pasar dan didukung oleh vendor teknologi namun tidak mendapat dukungan resmi. Sebagai contoh, Microsoft Windows adalah standar de facto, namun tidak diakui secara formal oleh organisasi standar manapun. Ini hanya diakui dan diterima secara luas.



Post a Comment

0 Comments