Skip to main content

LiFi (Light Fidelity)

Li-Fi(Light Fidelity) adalah teknologi untuk komunikasi nirkabel antar perangkat menggunakan cahaya untuk mengirimkan data.

Dalam hal penggunaannya teknologi ini mirip dengan Wi-Fi . Perbedaan teknis utamanya adalah Wi-Fi menggunakan frekuensi radio untuk mengirim data. Sedangkan Li-Fi menggunakan cahaya untuk mengirim data, dan memungkinkan Li-Fi untuk menawarkan beberapa keuntungan seperti bekerja di bandwidth yang lebih tinggi , bekerja di area yang rentan terhadap interferensi elektromagnetik (misalnya kabin pesawat , rumah sakit) dan menawarkan kecepatan transmisi yang lebih tinggi. Teknologi ini secara aktif dikembangkan oleh beberapa organisasi di seluruh dunia.

LiFi menyediakan lapisan konektivitas nirkabel yang benar-benar baru dalam jaringan nirkabel frekuensi radio heterogen (RF) yang ada. LiFi mendukung akses multiuser dan memungkinkan roaming. Oleh karena itu, sistem ini benar-benar bergerak. Akses multiuser dan dukungan mobilitas di LiFi memerlukan blok bangunan yang unik. Teknik yang dikembangkan untuk sistem RF tidak dapat diterapkan langsung karena teknik propagasi sinyal dan teknik pengkodean berbeda. Namun, perbedaan berkurang karena frekuensi yang lebih tinggi dalam RF digunakan seperti pita gelombang mm. ASIC (application specific integrated circuits) ini memungkinkan transmisi data real-time sebesar 1 Gbps serta mendukung operasi multi-input-multiple-output (MIMO) dan wavelength division multiplexing (WDM). LiFi memenuhi banyak indikator kinerja utama (KPI) yang dipostulasikan untuk sistem 5G.






Bagaimana cara kerjanya? Li-Fi menggunakan lampu LED rumah tangga umum untuk memungkinkan transfer data. Ketika arus listrik diterapkan ke bola lampu LED aliran cahaya dipancarkan dari bohlam. Lampu LED adalah perangkat semikonduktor, yang berarti bahwa kecerahan cahaya yang mengalir melaluinya dapat diubah pada kecepatan yang sangat tinggi. Ini memungkinkan untuk mengirim sinyal dengan memodulasi cahaya pada tingkat yang berbeda. Sinyal kemudian dapat diterima oleh detektor yang menafsirkan perubahan intensitas cahaya (sinyal) sebagai data. Modulasi intensitas tidak dapat dilihat oleh mata manusia, dan dengan demikian komunikasi sama mulusnya dengan sistem radio lainnya, yang memungkinkan pengguna untuk terhubung di mana ada cahaya diaktifkan LiFi. Dengan menggunakan teknik ini, data dapat ditularkan dari bola lampu LED dengan kecepatan tinggi.

Comments

Popular posts from this blog

mengatasi "Unable to load the library" dalam ulead

Pagi semua yang baca blog ini...
kali ini ane mau share pengalaman ane semalem waktu ane uthek - uthek ulead... hehehe
masalahnya sebenarnya sepele namun kalau yang belum tahu, bisa bikin kepala pusing... apalagi waktu rendering yang lama hingga 2 jam, atau bahkan lebih, namun setelah 99% munculah dialog box yang berisi : unable to load the library... waduch... seakan - akan emosi di ujung tanduk.. hehehehe
sebenernya apa sih? masalahnya? masalahnya adalah 1. file / data di program file ulead corrupt / rusak. 2. Transisi yang ente gunakan rusak/ tidak bisa dibuka,.. jadi penyelesaiannya, coba cek / buka 1 per satu transisi yang anda gunakan, kalau tetap tidak bisa coba di install ulang softwarenya, tetap tidak bisa??? coba cari master ulead yang lain (tempat  temaan / download), namun dalam 1 seri...

begitu lah sekiranya pengalaman saya semalam yang sempat membuat saya pusing...
Semoga Bermanfaat

Cara Merubah Tabel innodb (antelope) Menjadi Barracuda

Berikut Cara merubah tabel database mysql dari antelope menjadi barracuda, hal ini dibutuhkan biasanya saat menginstall CMS yang membutuhkan database besar. Sebagai InnoDBberevolusi, format file data yang tidak kompatibel dengan versi sebelumnya dari InnoDBkadang-kadang diperlukan untuk mendukung fitur-fitur baru. Untuk membantu mengelola kompatibilitas dalam situasi peningkatan dan downgrade, dan sistem yang menjalankan versi yang berbeda dari MySQL,InnoDBmenggunakan nama format file. InnoDBSaat ini mendukung dua format file bernama, Antelope dan Barracuda .
Antelope adalah asli InnoDBformat file, yang sebelumnya tidak memiliki nama. Mendukung COMPACT dan REDUNDANT format baris untuk InnoDBtabel dan format file default di MySQL 5.6 untuk memastikan kompatibilitas maksimum dengan sebelumnya MySQL versi yang tidak mendukung format file Barracuda.
Barracuda adalah format file terbaru. Mendukung semua InnoDBformat baris termasuk baru TERKOMPRESI dan DINAMIS format baris. Fitur ya…