Skip to main content

Pengertian dan cara kerja rest web service

Desain dan implementasi sistem informasi akademik sederhana menggunakan arsitektur web service Rest

REST adalah Teknologi termudah untuk mengembangkan layanan web. Ini adalah singkatan dari Representational State Transfer (REST). Saat ini, sangat populer di arena layanan web. Tidak perlu menggunakan format pertukaran data XML untuk permintaan dan respons. 
Layanan web REST dapat mengembalikan XML, JSON atau bahkan dalam respons format HTML. PHP sudah memiliki banyak fungsi untuk menangani respons jenis ini atau permintaan seperti fungsi DOM, SimpleXML fungsi dan fungsi Json encode / decode.

Metode yang digunakan dalam sistem ini adalah sebagai berikut :

GET, menyediakan hanya akses baca pada database
PUT, digunakan untuk mengambil nilai dari data base yang kemudian dapat diperbarui
DELETE, digunakan untuk menghapus database
POST, digunakan untuk memperbarui database yang ada atau membuat database baru

sebagai contoh data yang disediakan oleh server dalam sistem adalah data dari tabel mahasiswa, dosen, mata kuliah, krs, sehingga dapat di akses oleh client dengan masing- masing operasi yaitu menambah data , mengedit data, dan menghapus data. Seperti menambah data mahasiswa,data dosen , data mata kuliah, memilih dosen untuk mata kuliah dan menambah data KRS.


Dari data mahasiswa terdapat kolom nim, nama, alamat, tempat lahir, tanggal lahir, dan jurusan. dari controller sistem di dalam client meminta API /akses menggunakan json dari file mahasiswa.php di server yang kemudian di tampilkan di view mahasiswa di client dengan metode GET. Untuk data dari tabel dosen dan mata kuliah sama dengan yang digunakan data tabel mahasiswa yaitu meminta API/ akses dari masing-masing file menggunakan JSON.

Cara Kerja RESTful web services

Sebuah client mengirimkan sebuah data atau request melalui HTTP Request dan kemudian server merespon melalui HTTP Response. Komponen dari http request :
  • Verb, HTTP method yang digunakan misalnya GET, POST, DELETE, PUT dll.
  • Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasikan lokasi resource pada server.
  • HTTP Version, menunjukkan versi dari HTTP yang digunakan, contoh HTTP v1.1.
  • Request Header, berisi metadata untuk HTTP Request. Contoh, type client/browser, format yang didukung oleh client, format dari body pesan, seting cache dll.
  • Request Body, konten dari data.
Sedangkan komponen dari http response :
  • Status/Response Code, mengindikasikan status server terhadap resource yang direquest. misal : 404, artinya resource tidak ditemukan dan 200 response OK.
  • HTTP Version, menunjukkan versi dari HTTP yang digunakan, contoh HTTP v1.1.
  • Response Header, berisi metadata untuk HTTP Response. Contoh, type server, panjang content, tipe content, waktu response, dll
  • Response Body, konten dari data yang diberikan.

Arsitektur REST pada dasarnya difokuskan pada dua hal:

Sumber : Fungsionalitas aplikasi yang diwakili oleh URL unik.
Antarmuka : metode HTTP-nya berfungsi sebagai antarmuka untuk mengakses sumber daya.

Comments

Popular posts from this blog

Keuntungan, Kekurangan dan Cara kerja Video Call

Panggilan Video memungkinkan Anda melihat dan mendengar orang yang Anda ajak bicara di ponsel Anda dan memungkinkan mereka melihat dan mendengar Anda. Anda dapat melakukan panggilan video ke dan menerima panggilan dari pengguna Video Calling lainnya.
MANFAAAT ATAU KEUNTUNGAN 1. Bisnis        Fasilitas yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi yang menunjang video call membuat proses jual-beli, negosiasi, tawar-menawar, maupun persentasi dalam bisnis menjadi mudah. Ketika client suatu perusahaan berada jauh di negara tetangga dan tidak ada cukup waktu untuk terbang ke sana, seorang manajer cukup hanya dengan menyiapkan materi persentasi dan kemudian melakukan video call dengan client tersebut. Selain menghemat biaya, video call juga efektif dan efisien dalam waktu.
2. Kesehatan    Memang belum banyak diterapkan, namun ini dapat menjadi satu terobosan baru untuk dunia kesehatan untuk menjangkau tempat-tempat yang terpencil. Dengan video call, sang pasien dapat dengan mudah mend…