Skip to main content

Cara membuat password yang aman

Password adalah serangkaian rahasia karakter yang memungkinkan pengguna untuk mengakses sebuah berkas , komputer , atau program yang penting atau rahasia. Pada sistem multi-pengguna , setiap pengguna harus memasukkan kata sandinya sebelum komputer akan merespons perintah . Kata sandi membantu memastikan bahwa pengguna yang tidak sah tidak mengakses komputer. Selain itu, file data dan program mungkin memerlukan kata sandi.

Jika seseorang mengatakan kepada Anda kata sandi adalah sesuatu dari masa lalu, Anda mungkin tertawa tak percaya.

Tidak diragukan lagi, kata sandi telah menjadi landasan keamanan digital untuk waktu yang lama. Karena teknologi telah membaik, bagaimanapun, password menjadi semakin mudah diretas, memaksa komunitas TI untuk mencari solusi baru. Kebanyakan orang secara teratur menggunakan kata sandi yang lemah - sebenarnya kami semakin parah dalam hal ini - tetapi dengan daftar situs web dan layanan yang terus berkembang, permintaan untuk mengingat nama pengguna dan kata sandi yang unik juga terus berkembang.

Idealnya, kata sandi seharusnya adalah sesuatu yang tidak bisa ditebak oleh siapa pun. Dalam praktiknya, kebanyakan orang memilih kata sandi yang mudah diingat, seperti nama atau inisial mereka. Ini adalah salah satu alasannya relatif mudah untuk masuk ke sebagian besar sistem komputer .

Kata sandi yang sulit dideteksi oleh manusia dan program komputer, secara efektif melindungi data dari akses yang tidak sah. Kata sandi yang kuat terdiri dari setidaknya enam karakter (dan semakin banyak karakter, semakin kuat kata sandi) yang merupakan kombinasi huruf, angka dan simbol (@, #, $,%, dll.) Jika diizinkan. Kata sandi biasanya case-sensitive , jadi kata sandi yang kuat berisi huruf dalam huruf besar dan huruf kecil. Kata sandi yang kuat juga tidak mengandung kata-kata yang dapat ditemukan dalam kamus atau bagian dari nama pengguna itu sendiri.



Proses mencoba menebak atau meretas kata sandi untuk mendapatkan akses ke sistem atau jaringan komputer . Cracker umumnya akan menggunakan berbagai alat, skrip , atau perangkat lunak untuk memecahkan kata sandi sistem. Tujuan dari cracker adalah idealnya mendapatkan kata sandi untuk root ( UNIX ) atau sistem dan administrator ( Windows , NT ). Retakan kata sandi berfungsi dengan membandingkan setiap kata kamus terenkripsi dengan entri di file kata sandi sistem hingga kecocokan ditemukan.
Untuk mengetahui pakah password anda sudah aman atau berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membobol password adna dapat di cek disini : https://howsecureismypassword.net/

Comments

Popular posts from this blog

Keuntungan, Kekurangan dan Cara kerja Video Call

Panggilan Video memungkinkan Anda melihat dan mendengar orang yang Anda ajak bicara di ponsel Anda dan memungkinkan mereka melihat dan mendengar Anda. Anda dapat melakukan panggilan video ke dan menerima panggilan dari pengguna Video Calling lainnya.
MANFAAAT ATAU KEUNTUNGAN 1. Bisnis        Fasilitas yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi yang menunjang video call membuat proses jual-beli, negosiasi, tawar-menawar, maupun persentasi dalam bisnis menjadi mudah. Ketika client suatu perusahaan berada jauh di negara tetangga dan tidak ada cukup waktu untuk terbang ke sana, seorang manajer cukup hanya dengan menyiapkan materi persentasi dan kemudian melakukan video call dengan client tersebut. Selain menghemat biaya, video call juga efektif dan efisien dalam waktu.
2. Kesehatan    Memang belum banyak diterapkan, namun ini dapat menjadi satu terobosan baru untuk dunia kesehatan untuk menjangkau tempat-tempat yang terpencil. Dengan video call, sang pasien dapat dengan mudah mend…