Skip to main content

Keterampilan yang dibutuhkan dalam Karir sebagai Digital Forensik

Bidang forensik digital - cabang ilmu forensik yang menangani pemulihan dan analisis informasi dari perangkat penyimpanan data (termasuk komputer, telepon, jaringan, dan lainnya). Pemeriksa forensik digital membantu melacak peretas, memulihkan data yang dicuri, mengikuti serangan komputer kembali ke sumbernya, dan membantu dalam jenis investigasi lain yang melibatkan komputer.
Ingin tahu apa yang diperlukan untuk menjadi pemeriksa forensik digital? Berikut adalah beberapa keterampilan utama yang diperlukan untuk karir, dengan wawasan dari Ondrej Krehel, pendiri dan CEO perusahaan cybersecurity.
1. Bakat analitik: Masuk akal bahwa siapa pun dalam peran investigasi perlu memiliki keterampilan analitis yang diperlukan untuk mengumpulkan informasi dan memecahkan kasus. "Kecepatan berpikir analitis, dan keterampilan observasi yang tepat, yang sering diperoleh dan diuji di unit cyber militer dan intelijen berteknologi tinggi juga merupakan keterampilan penting untuk dimiliki," kata Krehel. "Kemampuan untuk menemukan pola dan membuat korelasi sangat penting dalam proses penyelidikan."

2. Ilmu komputer / keterampilan teknologi: Karena forensik digital adalah bidang teknis, ada baiknya datang dari latar belakang belajar atau bekerja dengan ilmu komputer. "Kualitas penting dari setiap penyelidik forensik digital yang hebat adalah pemahaman mendalam tentang bagaimana teknologi benar-benar bekerja," kata Krehel. "Jika Anda memiliki pengalaman [dengan] sistem komputer, pemrograman, atau bidang terkait lainnya, ini akan membantu transisi [Anda] ke forensik digital karena Anda sudah memiliki pengetahuan umum tentang bagaimana teknologi dan jaringan bekerja, bagaimana sistem digital berinteraksi satu sama lain , dan apa yang mungkin dari perspektif kompromi. "
3. Memahami cybersecurity: Bidang forensik digital adalah semua tentang memecahkan cybercrimes - dan siapa yang memiliki pengetahuan yang lebih baik dari orang-orang cybersecurity profesional? Tidak mungkin untuk menjaga terhadap pelanggaran data tanpa mengetahui teknik yang digunakan untuk menargetkan sistem, dan pengetahuan yang sama yang membantu mencegah kejahatan juga berguna dalam menyelesaikannya. Banyak pemeriksa forensik yang paling berbakat akan memiliki pengalaman bekerja dalam tim cybersecurity.
4. Organisasi: Anda dapat memiliki meja yang berantakan dan menjadi pemeriksa forensik digital yang hebat - tetapi organisasi mental adalah suatu keharusan, seperti juga pembukuan terorganisir. "Menjadi sangat terorganisir dan menyeluruh adalah suatu keharusan," kata Krehel. "Dokumentasi temuan Anda diperlukan karena sering diperlukan untuk menyajikannya kepada orang lain seperti pengacara dan hakim."


5. Keterampilan komunikasi: Sehubungan dengan poin di atas, forensik digital tidak ada dalam ruang hampa. Tim tempat Anda bekerja dan orang yang bekerja untuk Anda perlu mengetahui apa yang sedang terjadi, yang berarti Anda perlu mengomunikasikannya kepada mereka. Menurut Krehel, "Memiliki keterampilan menulis dan berbicara yang kuat sangat penting untuk menyampaikan temuan Anda secara efektif kepada anggota tim lain dan klien Anda."
6. Keinginan untuk belajar: Cybercrime terus berkembang, jadi Anda harus selalu memperbarui pengetahuan Anda dan selalu mencari cara untuk menjadi lebih baik di pekerjaan Anda. "Untuk menjadi pemeriksa forensik digital, Anda harus bangga menjadi salah satu yang terbaik dalam apa yang Anda lakukan," catat Krehel. "Keterampilan kritik diri untuk peningkatan konstan pekerjaan Anda adalah sifat yang sangat diinginkan."
Sedangkan untuk pendidikan tinggi, gelar sangat membantu dalam menerobos bidang forensik digital (terutama ilmu komputer atau gelar peradilan pidana) - tetapi tidak memiliki gelar sarjana, Anda bisa mendapatkan sertifikasi dan keterampilan. "Sertifikasi yang lebih populer seperti CISSP, ENCE, GCFE / A, dll dapat meminjamkan kredibilitas kepada mereka yang tidak memiliki gelar yang mengkhususkan diri dalam cybersecurity," jelas Krehel. "Tapi apa yang benar-benar menetapkan kredensial seseorang adalah hasil kerja mereka dan kemampuan untuk melakukan forensik digital dengan cara yang sangat detail."

Comments

Popular posts from this blog

Keuntungan, Kekurangan dan Cara kerja Video Call

Panggilan Video memungkinkan Anda melihat dan mendengar orang yang Anda ajak bicara di ponsel Anda dan memungkinkan mereka melihat dan mendengar Anda. Anda dapat melakukan panggilan video ke dan menerima panggilan dari pengguna Video Calling lainnya.
MANFAAAT ATAU KEUNTUNGAN 1. Bisnis        Fasilitas yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi yang menunjang video call membuat proses jual-beli, negosiasi, tawar-menawar, maupun persentasi dalam bisnis menjadi mudah. Ketika client suatu perusahaan berada jauh di negara tetangga dan tidak ada cukup waktu untuk terbang ke sana, seorang manajer cukup hanya dengan menyiapkan materi persentasi dan kemudian melakukan video call dengan client tersebut. Selain menghemat biaya, video call juga efektif dan efisien dalam waktu.
2. Kesehatan    Memang belum banyak diterapkan, namun ini dapat menjadi satu terobosan baru untuk dunia kesehatan untuk menjangkau tempat-tempat yang terpencil. Dengan video call, sang pasien dapat dengan mudah mend…