Skip to main content

Mengenal Kriptografi

Kriptografi adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara menjaga agar data atau pesan tetap aman saat dikirimkan, dari pengirim ke penerima tanpa mengalami gangguan dari pihak ketiga. Menurut Bruce Scheiner dalam bukunya "Applied Cryptography", kriptografi adalah ilmu 
pengetahuan dan seni menjaga message-message agar tetap aman (secure). Kriptografi adalah proses mengambil pesan/message dan menggunakan beberapa fungsi untuk menggenerasi materi kriptografis (sebuah digest atau message terenkripsi). Kriptografi, secara umum adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan berita [bruce Schneier - Applied Cryptography]. Selain pengertian tersebut terdapat pula pengertian ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data [A. Menezes, P. van Oorschot and S. Vanstone - Handbook of Applied Cryptography].
Media Tidak Aman: Bayangkan Anda mengirim data. Di dunia internet, data dipisahkan sebagai paket dan dikirim ke tujuan. Apakah Anda pikir data langsung mencapai tujuan? Jika Anda berpikir demikian,). Anda salah. Paket-paket tersebut melewati berbagai router. Akhirnya, data dikirim ke pengguna. Di celah ini, Intruders (penyerang) mengambil keuntungan. Penyusup dapat melihat apa yang Anda kirim. Karena data Anda sederhana dan mudah dibaca oleh siapa saja. Bagaimana cara mengamankan data? Kita tidak bisa menghentikan para penyusup dan kegiatan mereka. Tetapi kita dapat menjadikan data kita tidak dapat dibaca Penyusup. Untuk tujuan ini, Kriptografi diperkenalkan.


 Pengantar Kriptografi: Julius Ceaser yang memperkenalkan teknologi Kriptografi. Kriptografi adalah teknologi di mana kita mengubah teks biasa menjadi teks yang tidak dapat dibaca (dikenal sebagai nol).Di rumah Anda, Anda menyimpan uang di loker, bukan? Loker mungkin memiliki kunci untuk dapat membukanya. Bayangkan pencuri akan datang ke rumah Anda untuk mencuri. jika dia ingin membuka loker, tentu dia membutuhkan kunci. Tanpa kunci, dia tidak bisa melakukannya. Pencuri bisa merusak loker. Jika lokernya sangat kuat, dia tidak bisa membukanya sama sekali. Demikian juga dalam kriptografi juga kita akan membuat Kunci untuk data kami. Sehingga Penyusup tidak dapat membaca data. Adalah mungkin untuk membaca data jika enkripsi  lemah. Jadi kita perlu metode enkripsi yang sangat kuat.

Comments

Popular posts from this blog

Keuntungan, Kekurangan dan Cara kerja Video Call

Panggilan Video memungkinkan Anda melihat dan mendengar orang yang Anda ajak bicara di ponsel Anda dan memungkinkan mereka melihat dan mendengar Anda. Anda dapat melakukan panggilan video ke dan menerima panggilan dari pengguna Video Calling lainnya.
MANFAAAT ATAU KEUNTUNGAN 1. Bisnis        Fasilitas yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi yang menunjang video call membuat proses jual-beli, negosiasi, tawar-menawar, maupun persentasi dalam bisnis menjadi mudah. Ketika client suatu perusahaan berada jauh di negara tetangga dan tidak ada cukup waktu untuk terbang ke sana, seorang manajer cukup hanya dengan menyiapkan materi persentasi dan kemudian melakukan video call dengan client tersebut. Selain menghemat biaya, video call juga efektif dan efisien dalam waktu.
2. Kesehatan    Memang belum banyak diterapkan, namun ini dapat menjadi satu terobosan baru untuk dunia kesehatan untuk menjangkau tempat-tempat yang terpencil. Dengan video call, sang pasien dapat dengan mudah mend…