Skip to main content

Mengenal Sistem Temu Kembali

Pengertian tentang information retrieval system atau Sistem Temu Kembali Informasi merupakan sistem yang berfungsi untuk menemukan informasi yang relevan dengan kebutuhan pemakai. Salah satu hal yang perlu diingat adalah bahwa informasi yang diproses terkandung dalam sebuah dokumen yang bersifat tekstual. Dalam konteks ini, temu kembali informasi berkaitan dengan representasi, penyimpanan, dan akses terhadap dokumen representasi dokumen. Dokumen yang ditemukan tidak dapat dipastikan apakah relevan dengan kebutuhan informasi pengguna yang dinyatakan dalam query. Pengguna Sistem Temu Kembali informasi sangat bervariasi dengan kebutuhan informasi yang berbeda-beda.
Implementasi mesin pencari yang selalu berganti dan berganti algoritmanya, menuntut siapapun untuk bisa menguasai information retrieval system. Sistem Temu Kembali Informasi didisain untuk menemukan dokumen atau informasi yang diperlukan oleh masyarakat pengguna. Sistem Temu Kembali Informasi bertujuan untuk menjembatani kebutuhan informasi pengguna dengan sumber informasi yang tersedia dalam situasi seperti dikemukakan oleh Belkin (1980) sebagai berikut:

1. Penulis mempresentasikan sekumpulan ide dalam sebuah dokumen menggunakan sekumpulan konsep.
2. Terdapat beberapa pengguna yang memerlukan ide yang dikemukakan oleh penulis tersebut, tapi mereka tidak dapat mengidentifikasikan dan menemukannya dengan baik.
3. Sistem temu kembali informasi bertujuan untuk mempertemukan ide yang dikemukakan oleh penulis dalam dokumen dengan kebutuhan informasi pengguna yang dinyatakan dalam bentuk pertanyaan (query).



Peran Sistem Temu Kembali Informasi memiliki kegunaan yang banyak untuk user. Kita bisa melihat fungsinya di mesin pencari untuk mencari informasi, atau di perpustakaan, di apotik dan lain sebagainya. itu semua adalah karena jasa STKI. Sistem Temu Kembali Informasi berperan untuk:

1. Menganalisis isi sumber informasi dan pertanyaan pengguna.
2. Mempertemukan pertanyaan pengguna dengan sumber informasi untuk mendapatkan dokumen yang relevan.

Comments

Popular posts from this blog

Keuntungan, Kekurangan dan Cara kerja Video Call

Panggilan Video memungkinkan Anda melihat dan mendengar orang yang Anda ajak bicara di ponsel Anda dan memungkinkan mereka melihat dan mendengar Anda. Anda dapat melakukan panggilan video ke dan menerima panggilan dari pengguna Video Calling lainnya.
MANFAAAT ATAU KEUNTUNGAN 1. Bisnis        Fasilitas yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi yang menunjang video call membuat proses jual-beli, negosiasi, tawar-menawar, maupun persentasi dalam bisnis menjadi mudah. Ketika client suatu perusahaan berada jauh di negara tetangga dan tidak ada cukup waktu untuk terbang ke sana, seorang manajer cukup hanya dengan menyiapkan materi persentasi dan kemudian melakukan video call dengan client tersebut. Selain menghemat biaya, video call juga efektif dan efisien dalam waktu.
2. Kesehatan    Memang belum banyak diterapkan, namun ini dapat menjadi satu terobosan baru untuk dunia kesehatan untuk menjangkau tempat-tempat yang terpencil. Dengan video call, sang pasien dapat dengan mudah mend…

Pengertian dan cara kerja rest web service

Desain dan implementasi sistem informasi akademik sederhana menggunakan arsitektur web service Rest
REST adalah Teknologi termudah untuk mengembangkan layanan web. Ini adalah singkatan dari Representational State Transfer (REST). Saat ini, sangat populer di arena layanan web. Tidak perlu menggunakan format pertukaran data XML untuk permintaan dan respons.  Layanan web REST dapat mengembalikan XML, JSON atau bahkan dalam respons format HTML. PHP sudah memiliki banyak fungsi untuk menangani respons jenis ini atau permintaan seperti fungsi DOM, SimpleXML fungsi dan fungsi Json encode / decode.
Metode yang digunakan dalam sistem ini adalah sebagai berikut :
GET, menyediakan hanya akses baca pada database PUT, digunakan untuk mengambil nilai dari data base yang kemudian dapat diperbarui DELETE, digunakan untuk menghapus database POST, digunakan untuk memperbarui database yang ada atau membuat database baru
sebagai contoh data yang disediakan oleh server dalam sistem adalah data dari tabel ma…