Relasi dan Fungsi, Himpunan Matematika dalam pemahaman dan implementasi Database SQL


Dalam penerapan database banyak sekali yang harus diperhatikan salah satunya konsep dasar cara kerja database, sering kali mahasiswa atau orang yang baru belajar pemrograman kesulitan dalam memahami cara kerja database sebenarnya baik penyusunan ataupun query dalam database mengacu pada logika matematika yaitu fungsi dan relasi dan juga materi himpunan matematika. 

Fungsi dan relasi adalah salah satu topik terpenting dalam Aljabar . Dalam banyak kesempatan, banyak orang cenderung bingung dengan arti kedua istilah ini. Sebelum kita masuk lebih dalam, mari kita lihat sejarah singkat dari fungsinya.

Konsep fungsi terungkap oleh ahli matematika pada abad ke - 17 . Pada tahun 1637, seorang ahli matematika dan filsuf modern pertama, Rene Descartes, berbicara tentang banyak hubungan matematika dalam bukunya Geometri , tetapi istilah "fungsi" secara resmi pertama kali digunakan oleh ahli matematika Jerman Gottfried Wilhelm Leibniz setelah sekitar lima puluh tahun. Dia menemukan notasi y = x untuk menunjukkan fungsi, dy / dx untuk menunjukkan turunan dari suatu fungsi. Notasi y = f (x) diperkenalkan oleh matematikawan Swiss Leonhard Euler pada tahun 1734.


Hubungan atau Relasi adalah sekumpulan input dan output, sering kali ditulis sebagai pasangan terurut (input, output). Kita juga dapat mewakili relasi sebagai diagram pemetaan atau grafik. Misalnya, relasinya dapat direpresentasikan sebagai:




Fungsi adalah relasi di mana setiap masukan hanya memiliki satu keluaran. dengan kata lain fungsi adalah hubungan yang masuk akal. Semua fungsi adalah relasi , tetapi tidak semua relasi adalah fungsi. Untuk Lebih Jelasnya bisa dilihat dalam dua himpunan adalah kumpulan objek yang memiliki sifat yang dapat didefinisikan dengan jelas, atau lebih jelasnya adalah segala koleksi benda-benda tertentu yang dianggap sebagai satu kesatuanvidio dibawah ini :

 



Selain fungsi dan relasi dalam memahami database diperlukan juga pemahaman tentang himpunan. Himpunan adalah kumpulan objek yang memiliki sifat yang dapat didefinisikan dengan jelas, atau lebih jelasnya adalah segala koleksi benda-benda tertentu yang dianggap sebagai satu kesatuan

SQL JOIN

Sintaks JOIN digunakan untuk menggabungkan baris data dari dua atau lebih tabel, berdasarkan kolom terkait antara mereka. Dapat digambarkan sebagai berikut :



Jika dilihat dari gambar diatas maka menunjukan sebuah implementasi dari diagram venn serta fungsi dan relasi.





Post a Comment

0 Comments